Kamis, 21 Januari 2010

Audi Q5


Audi punya andalan tersendiri di segmentasi SUV premium menengah, yakni Audi Q5. Audi mengklaim Q5 adalah SUV paling sporty di kelasnya. Benarkah?

Demi menjawab pertanyaan tersebut, detikOto diberikan kesempatan untuk menjajal sendiri SUV berlogo empat cincin tersebut. Dipilihlah kawasan Sentul City yang tidak begitu jauh dari pusat kota.

Elegan dan Sporty. Pertama kali melihat, sepertinya dua hal itu begitu kuat menempel pada tubuh Q5. Apalagi ketika mengetahui keunggulan fitur-fitur, serta teknologi yang ditanamkan pada SUV Audi ini.

Bermesin 2.0 Turbo FSI, sebenarnya secara kapasitas mesin, Audi Q5 banyak pesaing, terutama dari merek Jepang. Namun, begitu menginjak pedal gas, sebenarnya disinilah kehebatan teknologi yang dikembangkan pabrikan Eropa ini.

Sebelum melaju, secara elektronik Audi Q5 menawarkan 3 pilihan karakter mengemudi (Audi Drive Select). Comfort, Auto, Dynamic, cukup dengan menekan tombol yang terdapat pada konsol tengah.

Ketika dipilih Dynamic misalnya, detikOto merasakan stir menjadi lebih kaku, serta suspensi yang tiba-tiba menjadi lebih keras dari standar (Auto). Begitu juga akselarasi mesinnya. Benar-benar responsif.

Begitu juga transmisi dual clutch S-Tronic 7 speed yang dipadukan dengan penggerak 4 roda permanen Quattro khas Audi, benar-benar memanjakan adrenalin penyuka kebut-kebutan.

Namun, ketika memilih mode Comfort, justru sebaliknya yang terasa. Suspensi mendadak menjadi lebih lembut, lingkar kemudi menjadi begitu ringan tanpa mengurangi kestabilan, serta tarikan mesin yang halus.

Sehingga, medan on road maupun off road, sebenarnya bisa-bisa saja diladeni oleh Q5, karena Audi sendiri mengatakan, Q5 adalah kombinasi dinamis sebuah sedan sporti, kapabilitas jelajah segala medan, serta fleksibilitas ruang.

Ruang bagasi Q5 menjadi lebih lega karena ban cadangan yang diletakan pada bagasi bisa dilipat kedalam, sehingga lebih ringkas. Ketika dibutuhkan, terdapat sebuah mini kompresor sehingga menjadi lebih praktis.

Jok yang berbalut kulit pun cukup lembut, tidak seperti rata-rata karakter jok SUV lainnya dan terasa pas memeluk punggung. Begitu juga dengan kedua kaki yang leluasa dijulurkan pada bagian lantainya.

Dentuman audio yang berisi, dengan monitor display serta kombinasi 14 speaker surround, membuat penjelajahan Anda benar-benar selalu seperti liburan yang santai dan menyenangkan dengan SUV seharga Rp 930 juta ini.

Data Teknis

Tipe mesin : inline 4 silinder Turbocharger DOHC FSI
Kapasitas mesin : 1.984 cc
Tenaga Maksimum : 211 hp @ 4.300 rpm
Torsi maksimum: 350 nm 1.500 rpm
Tipe Gearboks : 7 speed S Tronic
Penggerak roda : Quattro all wheel permanen
Kecepatan puncak : 222 km / jam
akselarasi 0-100 km/jam: 7,2 detik
Konsumsi BBM : 10,4 (dalam kota)
Kapasitas bagasi: 540 liter
Panjang : 4.629 mm
Lebar : 1.880 mm
Tinggi: 1.653 mm

Sumber : Detik Oto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar