Kamis, 14 Januari 2010

VW Golf GTI


Hatchback yang satu ini seakan-akan tidak ada cela. Desain menarik khas Jerman, fleksibel, lincah dan tentunya cepat.

New Golf GTI bisa dikenali dari desain sarang lebah pada grillenya, lampu headlamp Bi-Xenon dengan cornering lights yang kini menjadi standar, velg 18 inchi berbentuk 5 hole yang sangat khas Golf. Muffler kembar di bodi belakang Golf semakin menghembuskan nafas sporty dalam hot hatch Volkswagen ini.

Ketika masuk pertama kali ke mobil ini, kesan pertama yang terlihat adalah fungsionalitas. Semua seperti pada tempatnya dan tidak berlebihan serta sesuai fungsinya.

Pandangan yang luas tanpa terhalang, meski untuk melihat hidung mobil agak susah. Beralih ke kemudi, stir yang dibalut semi kulit terasa ringan di tangan tanpa beban, memutar kemudi pun gampang.

Banyak orang yang mengatakan kalau Golf generasi keenam ini hanyalah Golf Mk V namun dengan facelift terbatas. Benarkah begitu?

Setidaknya VW berusaha menjawab dengan adanya penambahan daya signifikan pada mesin VW Golf. Meski tetap dengan mesin 1.200 cc, Golf GTI generasi keenam ini memiliki tambahan output sebesar 10 hp menjadi 210 hp pada putaran mesin 5.300 sampai 6.200 rpm. Sedangkan torsi maksimal sebesar 280 Nm pada putaran mesin 1.700 hingga 5.200 rpm.

Tenaga yang besar bukan berarti membuat tarikan bensin menjadi boros. Dengan transmisi otomatis, konsumsi bahan bakar hatchback mewah ini pun tetap bisa optimal yakni 1 liter untuk 13 km.

Sebenarnya pabrikan VW mengklaim Golf ini bisa menembus kecepatan maksimum pada 238 km per jam, namun sayang, karena kondisi lalu lintas yang cukup padat di tol Jagorawi kami hanya bisa menembus kecepatan 200 km per jam saja. Nah untuk mencapai kecepatan 100 km per jam sendiri Golf hanya butuh waktu sekitar 7 detik.

Satu hal yang unik dari gear box Golf adalah adanya tuas transmisi S yakni Sport pada gear box yang terletak di posisi paling bawah.

Ketika Anda memindahkan tuas je posisi S, Anda akan merasa terhentak dengan mesin Golf yang meraung keras karena putaran mesin naik otomatis pada 3.500 rpm sampai 4.000 rpm. Siap-siap saja, Anda bakal melesat dengan mudah ketika gas ditekan dalam-dalam.

Handling pun tetap nyaman meski kecepatan cukup tinggi. Nah mobil ini juga ternyata sudah dilengkapi dengan fitur Adaptive Chasiss Control (DCC). Fitur ini mengatur tingkat kekerasan suspensi secara elektronik yang bekerja otomatis.

Tombolnya sendiri terletak di bagian dashboard tengah bawah. Tepat di hadapan tuas transmisi. Ada tiga pilihan settingan sasis yakni Normal, Sport dan Comfort. Sport untuk dipakai ketika mobil dipacu dengan kecepatan tinggi, sedangkan Comfort ketika mobil dikendarai dalam kondisi jalan bergelombang atau jelek.

VW Golf pun semakin aman dengan adanya fitur XDS Electronic Transverse Differential-Lock. Fitur ini memberikan traksi dan kemampuan handling yang jauh lebih baik di saat mobil melewati tikungan dengan kecepatan tinggi. Sementara airbag sebanyak 7 titik di kabin tentunya membuat keamanan pengendara semakin maksimal. Fitur-fitur seperti ABS, EBD, Hydraulic Brake Assist System, serta Traction Control System semakin melengkapi keamanan Golf.

Sehingga makin pas lah VW Golf. Men drive it. Boys dream about it. Tinggal pilih sendiri.

Data Teknis VW Golf GTI

Panjang 4.213 mm
Lebar 1.786 mm
Tinggi 1.501 mm
Wheelbase 2.578 mm
Transmisi otomatis triptonik dengan 6 kecepatan
Ban 225/40/R18
Mesin 4 silinder inline 1.984 cc
Daya 210 hp
Torsi 280 Nm
Akselerasi 0-100 km per jam dalam 6,9 detik
Konsumsi BBM 13,5 km per liter
Top speed 238 km per jam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar