Jumat, 29 Januari 2010

Mobil Baru Mclaren-Mercedes F1



JAKARTA, KOMPAS.com — Sehari setelah Ferrari meluncurkan mobil balap Formula 1 mereka, McLaren pun melakukan hal serupa. Jumat (29/1/2010), tim yang bermarkas di Woking ini memperkenalkan mobil barunya untuk musim 2010 dengan harapan bisa menyabet dua gelar sekaligus setelah melewati musim 2009 yang kelabu.

Mobil MP4-25 dengan mesin pasokan Mercedes itu diluncurkan di markas Vodafone UK di Newbury. Seperti mobil-mobil terdahulu, McLaren tetap mempertahankan warna perak, meskipun warna ini sama dengan partner mesin mereka, Mercedes-Benz, yang mulai tahun ini sudah fokus ke mobilnya sendiri, Silver Arrows.

Ada sedikit penambahan yang merupakan pembeda antara McLaren 2009 dan yang baru ini. Pada McLaren 2010 terdapat sirip ikan hiu di sayap belakang, yang juga untuk menutup mesin.

Dengan MP4-25, kubu McLaren lebih optimistis menghadapi balapan 2010, yang ditengarai akan berlangsung ketat karena tim pesaing semakin banyak. Namun, hadirnya juara dunia Jenson Button, yang menjadi tandem Lewis Hamilton, membuat kepercayaan diri tim semakin tinggi karena tim mereka diperkuat para juara dua musim terakhir: Hamilton juara 2008 dan Button juara 2009.

"Seperti yang dikatakan Alexander Graham Bell bahwa persiapan adalah kunci sukses, kami pun melakukan hal yang sama. Untuk musim ini, kami melakukannya lebih komprehensif dibandingkan sebelumnya," ungkap bos tim, Martin Whitmarsh.

"Sebagai team principal, saya merasa terhormat bisa memperkenalkan tim yang hebat ini, tetapi saya hanyalah bagian kecil dari grup orang-orang yang berdedikasi dan fantastis.

"Tim yang hebat dan mobil kompetitif hanya bisa sukses jika memiliki para pebalap terbaik. Tak satu pun pebalap kami perlu perkenalan yang lama karena mereka adalah juara dunia dua tahun terakhir. Kami juga sangat senang karena memiliki Lewis dan Jenson di trek. Dua pebalap ini adalah pemenang dan mereka ingin menang lagi tahun ini," ucapnya.

"Setiap tahun, balapan F1 mengeluarkan satu set peraturan unik yang menantang, dan tidak terkecuali 2010. Kami sudah mendesain sebuah mobil yang mengeksploitasi konsep double diffuser," paparnya.

"Kami menantikan kompetisi yang hebat, dengan aturan dan wajah baru. Kami tetap bangga berpartner dengan Mercedes-Benz, tetapi kami harus berada dalam kondisi terbaik untuk mengalahkannya. Tujuan kami sangat jelas, menjadi pemenang," ucap Whitmarsh.

Selanjutnya, McLaren akan tampil di Valencia pada awal pekan depan ketika tes pra-musim secara resmi dimulai. Test driver Gary Paffett akan lebih dulu menggunakan mobil baru ini untuk lap-lap pertama pada Senin (1/2/2010).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar